Penyebab Banjir di Jakarta

Beberapa ruas jalan di Jakarta akan tergenang air saat hujan deras turun, salah satunya di daerah Thamrin. Menurut Joko Widodo, penyebabnya bukan karena sampah yang menumpuk, melainkan sempitnya gorong-gorong.

Gubernur DKI Jakarta itu menyatakan bulan lalu sampah di sekitar Thamrin sudah dikeruk dan bersih. Kapasitas gorong-gorong yang kurang besar, menjadi ‘tersangka’ utamanya.

Hal itu terungkap saat Jokowi menilik langsung gorong-gorong di Bundaran Hotel Indonesia. Jokowi mengaku kecele dengan sempitnya gorong-gorong. Namun, ia mengaku belum mengetahui diameter gorong-gorong yang di tengah.

“Nanti kita cek. Siapa tahu yang di tengah itu yang bisa main sepak bola,” ujarnya Jokowi usai mengecek gorong-gorong di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Rabu (26/12).

Target jangka pendek yang bakal dilakukan Jokowi adalah agar aliran air selama musim hujan periode Desember hingga Januari segera terselesaikan. Semua itu agar tidak menyusahkan masyarakat pengguna jalan.

Untuk mengatasi permasalahan gorong-gorong dalam jangka pendek, Jokowi akan memasang pompa untuk ditarik ke Cideng dan Waduk Melati. Menurutnya, sore ini ada terdapat empat titik yang ditaruh pompa yakni Thamrin-HI, Tri Sakti, Gatot Subroto dan depan Gedung SCTV.

Selain itu, juga membuka pintu gorong-gorong dan dijaga agar masyarakat yang lewat tidak terperosok.  Sementara untuk jangka panjang, gorong-gorong tersebut akan diperbesar. Sayangnya, program jangka panjang itu diakui Jokowi masih belum terlaksana karena masih menunggu anggaran cair.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s